Komitmen Atasi Pengangguran dan Kemiskinan, Kamrussamad: Dorong Lahirnya Wirausaha Muda di Cianjur

BERITACIANJUR.COM – Sekitar 3.000 masyarakat Cianjur larut dalam acara “Tong Hilap Kang Samad” di Gedung Herlina, Jalan Pramuka Cianjur, Minggu (4/2/2024). Acara tersebut juga dihadiri tim pemenangan/relawan Prabowo/Gibran dan Kamrussamad yang merupakan angota Komisi XI DPR RI.

Pria yang karib disapa Kang Samad meyakini, Jawa Barat tetap menjadi idola Investor karena sumber daya alam, infrastruktur serta SDM yang cukup memadai sebagai daya dukung industri dan UMKM.

“Connectivitas transportasi darat, udara dan laut mengalami kemajuan pesat 10 tahun terakhir,” ujar Kamrussamad kepada wartawan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Meski begitu, Kang Samad menyadari masih ada sejumlah tantangan yang dihadapi, antara lain sektor pertanian, ketersediaan pupuk, bibit unggul dan teknologi pertanian, sektor UMKM-perdagangan, optimalisasi fungsi pasar induk, sulitnya akses permodalan dan perluasan akses pemasaran.

“Cianjur memiliki tiga keunggulan dimensi sumber daya alam. Pegunungan nan indah, sumber daya perikanan laut, dan lahan perkebunan pertanian subur merupakan faktor kekuatan dalam mendorong penciptaan lapangan kerja, sehingga pengangguran dapat diatasi,” ungkapnya

Di hadapan masyarakat dan para relawan, Kang Samad menegaskan komitmennya untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan dengan mendorong lahirnya wirausaha muda di Cianjur.

Tak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.
Ia menilai, pemilu merupakan momentum penting bagi rakyat untuk memperbaiki ekonomi keluarga dengan memilih wakil rakyat dan pemimpin nasional serta menentukan nasib bangsa dan daerah dengan berpartisipasi menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS).

“Pemilu adalah hak konstitusional kita sebagai warga negara. Kita harus menggunakan hak pilih kita dengan bijak dan cerdas, agar kita bisa memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas, jujur, dan amanah,” tegasnya.

Baca Juga  Kuis Tebak Skor Piala Dunia U-17 Indonesia Vs Ekuador, Jumat 10 November 2023, Begini Caranya

Peduli UMKM
Pada acara “Tong Hilap Kang Samad,” ia juga menyampaikan kepeduliannya terkait perkembangan UMKM di Cianjur. Menurutnya, UMKM merupakan pilar penting pembangunan ekonomi di Cianjur sehingga harus terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Sebagai informasi, secara nasional sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

“Jadi fokus kita ke depan harus penciptaan lapangan kerja dan penguatan UMKM, kemudahan akses pembiayaan, akses pemasaran, digitalisasi, dan upgrading kualitas produk sehingga kompetitif di pasar,” katanya.

Dengan upaya tersebut, Kang Samad optimistis UMKM di Cianjur dapat dipacu untuk bangkit sampai bisa “go global” di masa mendatang.(gil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *