Kunjungi Pos Induk DMC Dompet Dhuafa di Kantor Berita Cianjur, BNPB Konsolidasi Data dan Berikan Apresiasi

BERITACIANJURCOM, JAWA BARAT — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengunjungi Pos Induk Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang bertempat di Kantor Redaksi Berita Cianjur, Jalan Gatot Mangkupraja Nomor 15, Nagrak, Cianjur, Minggu (27/11/2022).

BNPB yang diwakili Deputi Bidang Pencegahan, Prasinta Dewi melakukan konsolidasi, penyetaraan data serta memberikan arahan terkait penanganan dampak gempa bumi Cianjur. Ia juga mengimbau koordinasi tetap dilakukan agar tujuan dalam penanganan gempa terus mengalami perkembangan dan tepat sasaran.

“Tujuan kita sama. Kita ini sekarang sedang membangun masyarakat secara bersama-sama. Dalam hal ini pemerintah juga tidak bisa sendiri, maka harus ada kolaborasi antar pihak, lembaga, pengusaha, media dan tentunya masyarakat. Saat ini dibutuhkan penyetaraan data agar bantuan tidak menumpuk di satu titik, dan tidak ada lagi kabar terkait penyintas yang belum mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Terkait bakti dalam penanganan gempa Cianjur, Prasinta memberikan apresiasi kepada Dompet Dhuafa atas segala upaya dalam hal penanganan bencana, khususnya saat ini pada respon gempa bumi Cianjur.

“Yang bagus itu mereka para relawan, bisa menjangkau sampai ujung lokasi. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap teman-teman Dompet Dhuafa, telah memiliki kinerja yang bagus dan meluangkan waktu bersama-sama dalam hal penanggulangan bencana. Kami harap, semua akan tetap dan terus punya semangat dalam penanggulangan bencana. Semangat untuk semuanya!” seru Prasinta.

Sementara itu, General Manager Disaster Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa, Shofa Qudus menyambut baik kunjungan BNPB ke Pos Induk DMC Dompet Dhuafa di Cianjur. Ia memaparkan, selama bertugas DMC Dompet Dhuafa senantiasa selalu koordinasi dan berkolaborasi dengan BNPB. Melalui kunjungan ini, DMC akan tetap dan terus bantu penanganan emergency response untuk penyintas Gempa Bumi di Cianjur.

Baca Juga  4 Kandidat Bersaing Duduki Kursi Dewan Pengawas Perumdam Tirtamukti Cianjur

Terkait penanggulangan gempa bumi Cianjur, DMC juga telah menggulirkan ragam layanan respon gempa bumi cianjur, juga melakukan update data melalui situation report (Sitrep) release harian. Pun tergabung dalam JNA (Join Need Assesment). Ke depan, respon Dompet Dhuafa terkait early recovery, akan mendirikan MCK dan mushala darurat.

Terkini, DMC Dompet Dhuafa telah mengerahkan layanan SAR dan evakuasi dengan total 15 jiwa yang ditemukan; layanan kesehatan telah memberi manfaat kepada sebanyak 1.733 jiwa; layanan pemulasaran jenazah telah melayani sebanyak 39 jenazah; distribusi logistik berupa makanan digulirkan kepada 3.099 jiwa dan 280 jiwa terbantu lewat logistik non-makanan.

“Selain itu, juga ada layanan psychological first aid (PFA) dan psychological religi yang telah memberi manfaat kepada 279 jiwa, layanan aksi bersih melalui program Bersih Itu Sehat (BIS) yang telah memberi manfaat kepada 417 jiwa, layanan Dapur Keliling (Darling) dan Corner Gizy (Cozy), Pos Hangat, serta Taman Ceria untuk penyintas anak-anak,” pungkasnya.(dd/dp/gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.