Libatkan 3.700 Orang Bersih-bersih Pantai di Bandar Lampung, Aksi Pandawara Group Diapresiasi Menparekraf

BERITACIANJUR.COM – Aksi Pandawara Group lagi-lagi membuat banyak pihak bergerak peduli terhadap lingkungan untuk membersihkan sampah.

Kali ini, Pandawara melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kota Bandar Lampung.

Pandawara bahkan menyebut pantai ini sebagai pantai terburuk dan terkotor nomor dua di Indonesia saking kotor, bau, dan menumpuknya sampah sejauh mata memandang.

Namun, pada Senin (10/7/2023) lalu, sebanyak 3.700 orang terlibat dalam aksi bersih-bersih tersebut dan berhasil mengumpulkan lebih dari 300 ton sampah dalam kurun waktu satu hari.

Aksi bersih-bersih Pandawara Group inipun diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melalui akun Instagram pribadinya @sandiuno.

“Bangga dengan Pandawara Group dan ribuan warga Lampung yang antusias membersihkan Pantai Sukaraja, Teluk Betung, Bandar Lampung,” tulis Sandiaga, Rabu (12/7/2023).

Ia pun berterima kasih karena aksi ini dapat meningkatkan kualitas destinasi wisata pantai Indonesia sebagai warisan leluhur yang harus dijaga dan dilindungi.

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas destinasi wisata di Indonesia. Saya percaya bahwa alam adalah warisan leluhur yang harus kita jaga demi meningkatkan wisata yang berkualitas,” tuturnya.

“Mari terus belajar dan membuat dampak positif dengan terus mendorong semangat gotong-royong. Saya yakin hal ini bisa terus menginspirasi banyak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar,” tambahnya.

Lalu siapakah Pandawara Group?

Bagi yang belum mengetahui siapa Pandawara Group, berikut Berita Cianjur rangkum informasinya.

Pandawara Group merupakan komunitas peduli lingkungan yang beranggotakan lima orang pemuda asal Kopo, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Lima pemuda tersebut adalah Gilang Rahma (22), Muhammad Rifqi (22), Muhammad Agung Permana (22), Muhammad Ikhsan (21), dan Rafly Pasya (22).

Nama Pandawara sendiri terdiri dari dua kata yakni Panda dan Wara. Panda berasal dari tokoh pewayangan Mahabarata yang berarti lima. Sedangkan Wara berasal dari Bahasa Sunda yang berarti baik. Jadi, arti Pandawara adalah lima pemuda yang membawa kabar baik.

Mereka juga merupakan lima sahabat yang berasal dari sekolah SMA yang sama dan memiliki tekad yang sama untuk menjaga lingkungan terutama sungai. Pasalnya, daerah tempat mereka tinggal merupakan lokasi yang sering terdampak banjir.

Akhirnya, pada September 2022 mereka mulai melakukan aksi bersih-bersih sungai dan mengabadikan kegiatan mereka di akun TikTok dan Instagram @pandawaragroup.

Tak disangka, aksi tersebut menuai banyak dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak. Hingga akhirnya mereka rutin melakukan bersih-bersih sungai di berbagai tempat.

Bahkan, aksi bersih-bersih Pandawara Group bukan hanya di kawasan Bandung saja, tapi juga turut menyasar daerah lain. Mulai Bali, NTB, Banten, dan terbaru adalah Lampung.

Dalam satu tahun ini, Pandawara Group sudah berhasil membersihkan 103 sungai dan berhasil membersihkan 63 ton sampah.

Tak hanya itu, Pandawara Group pun berhasil memenangkan penghargaan “Indonesia Green Award 2023” dan TikTok Local Heroes dalam penghargaan Year on TikTok 2022.(gap/bbs)

Baca Juga  Richard Eliezer Divonis 1,5 Tahun Penjara, Ini Pertimbangan Hakim Beri Keringanan Hukuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *