Libatkan Bea Cukai, Satpol PP Cianjur Gencarkan Penertiban Peredaran Rokok Ilegal, Ini Langkahnya

BERITACIANJUR.COM – SETELAH melakukan pemusnahan 3 juta batang rokok ilegal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Cianjur masih terus menggencarkan pengawasan dan penertiban peredaran rokok ilegal.

Kepala Satpol PP dan Damkar Cianjur, Tedy Artiawan menerangkan, langkah awal dalam melakukan program tersebut, yakni dengan melakukan pengumpulan informasi (Pulinfo) pedagang eceran, grosir, warung dan para pengguna rokok.

“Selain itu, kami juga menyasar pengumpulan informasi dari perusahaan jasa titipan, karena tidak sedikit juga pengguna membeli secara online,” ujarnya kepada beritacianjur.com

Setelah mendapatkan informasi, sambung Tedy, langkah selanjutnya melakukan operasi sasaran (opsar). Setelah adanya barang bukti tidak membayar pajak ke Negara, maka dilakukan tindakan penegakan hukum.

“Dalam penindakan ini kami melibatkan Bea Cukai Bogor. Itulah langkahnya, berawal dari pulinfo, opsar hingga penindakan,” jelasnya.

Tedy menegaskan, penertiban rokok ilegal ini bukan semata karena tidak membayar pajak ke Negara, namun juga persoalan kesehatan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Ingat, penikmat rokok itu tidak hanya kalangan atas, namun semua kalangan menjadi penikmat rokok. Jadi, pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal ini sangat penting dilakukan,” pungkasnya.(gie)

Baca Juga  Gas LPG 3 Kilogram Langka dan Mahal, DPR Minta Pemerintah Selesaikan Masalah dari Hulu ke Hilir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *