Pemungutan-Penghitungan Suara Ulang Pileg di Desa Mentengsari Cikalongkulon Digelar 29 Juni 2024

BERITACIANJUR.COM – KPU Kabupaten Cianjur akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Ulang Surat Suara (PUSS) Pileg di 5 TPS di Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon pada Sabtu, 29 Juni 2024.

“Setelah melakukan rapat koordinasi dengan KPU Jabar dan KPU RI beberapa waktu lalu, tadi malam keluar Juknis apabila pelaksananya dilakukan pada Sabtu (29/6) depan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur, M Ridwan, Rabu (19/6/2024).

Dalam pelaksanaannya, lanjut Ridwan, akan lebih dulu melakukan sosialisasi pada warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang ada di TPS 15.

“Sekitar 27 atau 28 Juni, kita sosialisasikan sekaligus memberikan surat pemberitahuan pemungutan suara (C6) pada seluruh pemilih di TPS 15 untuk datang lagi ke TPS untuk mencoblos lagi. Hanya pada pemilih yang terdaftar saat Pemilu 14 Februari 2024 lalu,” terangnya.

Menurutnya, pertimbangan digelarnya Pileg pada hari Sabtu adalah untuk menghindari kesibukan pemilih, sehingga warga yang masuk dalam daftar bisa melakukan pencoblosan ulang.

“C6 akan dibagikan sesuai dengan daftar. Kalau misalnya ada yang tidak bisa hadir, ya itu keputusan pemilih. Yang penting KPU sudah sosialisasi, mengundang, dan melaksanakan PSU sesuai dengan tahapan,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan partai-partai untuk kembali menghadirkan saksi-saksi saat PSU dilakukan nanti.

Sedangkan untuk pelaksanaan PUSS akan dilakukan pada Kamis (28/6/2024). Saksi-saksi dari setiap Parpol juga akan dihadirkan dalam PUSS yang akan dilakukan di Gudang Logistik KPU Kabupaten Cianjur.

“Dari hasil rakor di Jakarta, kerena sudah tidak ada TPS maka PUSS dilakukan di lokasi yang mudah diakses dan pencahayaan terang. Maka kita akan laksanakan di gudang logistik yang ada di belakang Kantor KPU Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Baca Juga  Tindak Tegas! Polres Cianjur Segel 25 Kios yang Diduga Jual Obat Terlarang

Saat ini, KPU juga telah mengajukan penjagaan terhadap TNI-Polri untuk melakukan penjagaan terhadap Gudang Logistik KPU Kabupaten Cianjur.

“Sudah ada penjagaan dari TNI-Polri, beberapa personel sudah disiagakan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk mengabulkan Perkara Nomor 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 yang dimohonkan calon anggota legislatif (caleg) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Hendry Juanda dalam pemilu DPRD Kabupaten Cianjur Daerah Pemilihan (Dapil) 3.

Berdasarkan putusan tersebut dilakukan pemungutan dan penghitungan suara ulang di lima TPS di Desa Mentengsari, di mana untuk pemungutan suara ulang dilakukan di TPS 15, sedangkan penghitungan suara ulang dilakukan di TPS 12, 13, 14, dan 16.

Putusan tersebut merupakan buntut dari adanya pelanggaran pemilu oleh Kades Mentengsari yang mencoblos sejumlah surat suara yang akhirnya viral dan mendapat kecaman dari masyarakat.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *