Persiapan Hadapi Tahun Politik 2024, Polri Beli Pesawat Boeing 737 800NG Seharga Rp995 Miliar

BERITACIANJUR.COM – Hadapi tahun politik 2024, Polri membeli pesawat terbang tipe Boeing 737 800NG dengan registrasi P-7301 pabrikan 2019.

Pesawat tersebut akan digunakan untuk mempermudah mobilitas menjelang tahun politik 2024 dan bencana alam.

Pesawat bernama Fixed Wing itu merupakan pesawat bekas yang dibeli dari Durblin, Irlandia dengan harga Rp995 miliar. Kini pesawat berada di Bandara Ostrava Republik Ceko.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pembelian pesawat sangat mendesak mengingat padatnya jadwal pimpinan Polri dalam melakukan koordinasi pengamanan di tahun politik 2024.

“Ini menjawab pertanyaan kenapa Polri membutuhkan pesawat tersebut, dalam rangka menghadapi tahun politik 2024” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengutip humas.polri.go.id, Sabtu (15/7/2023).

Antisipasi Harkamtibmas dan Bencana Alam

Ramadhan menuturkan, kehadiran pesawat juga dalam rangka mengantisipasi kerawanan pemeliharaan, keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Lalu, bencana alam dan terorisme yang berpotensi dapat membawa dampak negatif terhadap ideologi, politik sosial budaya pertahanan, dan keamanan di wilayah NKRI.

“Sehingga, diperlukan penanganan segera oleh Polri, selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujar jenderal bintang satu itu.

Ramadhan menyebut, Polri memerlukan pesawat terbang untuk transportasi dalam rangka supervisi, komando dan kendali (kodal), dan angkut pasukan, serta untuk distribusi bantuan kemanusiaan.

Termasuk angkutan logistik barang, barang berbahaya berupa senjata dan amunisi dalam jumlah besar secara cepat, dan tepat menuju daerah tujuan.

“Karena apabila menggunakan pesawat sipil, Polri harus menyesuaikan dengan jadwal penerbangan serta mengikuti regulasi penerbangan sipil. Ini kira-kira beberapa pertimbangan,” tutup Ramadhan.(gap)

Baca Juga  Terungkap! Wanita yang Ditemukan Tewas Tergantung di Sukaluyu Ternyata Dibunuh, Pelaku Berhasil Ditangkap Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *