Petugas Sortir dan Lipat Surat Suara Cianjur Banyak yang Sakit, KPU dan Polres Siagakan Tim Kesehatan

BERITACIANJUR.COM – Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Moch Ridwan mengatakan, dalam proses sortir dan lipat surat suara di Kabupaten Cianjur banyak petugas yang jatuh sakit.

Hal tersebut karena banyak petugas yang kelelahan akibat terlalu lama duduk, ditambah kondisi cuaca di Cianjur yang cukup ekstrem.

“Yang sakit ada. Karena memang cukup melelahkan, meskipun bekerjanya sambil duduk. Ditambah kondisi cuaca ekstrem saat ini, di mana saat siang panas dan menjelang sore hujan deras, sehingga banyak yang mengeluhkan sakit. Mereka langsung kami pulangkan untuk istirahat,” ujar Ridwan, Sabtu (13/1/2024).

Melihat kondisi tersebut, pihaknya bekerja sama dengan tim kesehatan dari Polres Cianjur untuk memeriksa kondisinya dan memberikan vitamin tambahan.

“Tadi banyak petugas yang diberi vitamin tambahan oleh Tim Dokes Polres Cianjur,” imbuhnya.

Ridwan menuturkan, pihaknya melibatkan 1.200 petugas untuk sortir dan lipat 9.162.915 surat suara Pemilu 2024 di Cianjur.

“Kita targetkan dalam 10 hari selesai. Kemungkinan Selasa depan sudah tuntas seluruhnya,” terangnya.

Sementara itu, Humas Polres Cianjur, Ipda Cakra menyebutkan, dari ratusan petugas yang diperiksa kesehatannya, terdapat 50 orang petugas yang mengeluhkan sakit.

“Rata-rata penyakitnya sakit badan karena kelamaan dalam posisi duduk bersila, pusing, lambung atau magh. Termasuk sakit kepala, dan tangan lecet sama luka kecil akibat kebanyakan melipat kertas surat suara,” tuturnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, pihaknya akan menyiagakan tim kesehatan hingga proses sortir dan lipat selesai.

“Kita siapkan petugas sampai pelaksanannya selesai. Layanan kesehatan ini merupakan wujud kepedulian Polri khususnya Polres Cianjur terhadap masyarakat terutama yang melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU,” ungkapnya.

Aszhari mengatakan, situasi gudang logistik sangat ramai dengan adanya petugas penyortir dan pelipatan surat suara, ditambah kondisi cuaca di Cianjur yang memasuki musim penghujan, maka perlu diberikan support dan dukungan kesehatan yang memadai.

Baca Juga  Wow! Dugaan Korupsi Dana Hibah pada APBD Cianjur 2022 Capai Rp51 M Lebih

“Agar proses pelipatan surat suara berjalan dengan lancar, petugas yang mengalami keluhan kesehatan kita langsung berikan vitamin dan obat,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memastikan petugas sortir dan lipat surat suara Cianjur sehat dan dapat bekerja.

“Kami berinisiatif memberikan layanan kesehatan meliputi cek tensi darah, suhu tubuh, dan pemeriksaan ringan lainnya,” tutupnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *