Presiden Jokowi Berikan Dana Stimulan Rumah Rusak pada 8.100 Korban Gempa, Nominalnya Ditambah!

BERITACIANJUR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Cianjur untuk ke-4 kalinya, pada Kamis (8/12/2022).

Kedatangan Jokowi kali ini adalah untuk memberikan dana stimulan rumah rusak bagi 8.100 warga atau ahli waris korban terdampak gempa Cianjur yang sebelumnya sudah terverifikasi.

“Telah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk Bapak dan Ibu semuanya. Yang (sedianya) sebesar Rp50 juta untuk rusak berat, Rp25 juta untuk yang rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan,” ujar Jokowi di Lapang Tembak Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Cianjur.

Namun, lanjutnya, setelah menghitung kembali jumlah masing-masing kategori bantuan, ternyata nominalnya masih bisa ditambah usai berkoordinasi dengan Menteri Kuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

“Tadi malam saya hitung-hitung lagi, karena memang itu saat di NTB, saat di Palu memang (bantuan) sebesar itu. Tetapi, tadi malam hitung lagi. Tadi pagi saya sampaikan ke Menkeu ada uang apa enggak?” kata Jokowi.

“Ternyata (jawaban Menkeu), ada sedikit. Sehingga saya putuskan (ditambah nominalnya), yang (tadinya) Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta, yang Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta, dan yang Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta, alhamdulillah,” ungkapnya.

Jokowi pun berpesan agar pembangunan kembali rumah yang rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan bisa segera dimulai.

Sebelumnya, Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau posko bencana gempa bumi Badan Intelijen Negara (BIN) di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Ia disambut anak-anak dengan nyanyian berjudul manuk dadali. Puluhan anak-anak pengungsi tersebut telah mengikuti kegiatan trauma healing di Posko BIN. Di sini Presiden juga turut membagikan makanan dan bantuan kepada para pengungsi.

Baca Juga  Ada Informasi Potensi Tsunami di Sepanjang Pantai Selatan, Ini yang Dilakukan BPBD Cianjur

Selanjutnya, Presiden akan meninjau salah satu lembaga pendidikan yang rusak terdampak gempa bumi yakni SDN 1 Sukamaju di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang.

Diketahui, pada Kamis pagi ini, Presiden Jokowi kembali mengunjungi Cianjur untuk keempat kalinya, setelah tiga kunjungan sebelumnya, yakni pada 22 November 2022, 24 November 2022 dan 5 Desember 2022.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *