oleh

Preview: Demi Harga Diri

Madura Pincang, Persib Banyak Pilihan

PERSIB Bandung belum pernah mampu menaklukkan Madura United. Itulah rekor pertemuan kedua tim sekaligus menjadi tantangan bagi Pelatih Maung Bandung, Robert Alberts pada laga tandang lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan, malam nanti (5/10/2019) pukul 18.30 WIB.

Ya, dari tujuh kali pertemuan, Laskar Sape Kerab –julukan Madura United- empat kali mengalahkan Persib dan sisanya berakhir imbang. Lalu, apakah Persib mampu memecahkan rekor buruk tersebut sekaligus mencuri tiga poin di kandang lawan?

Tak hanya persoalan mencuri poin, namun kemenangan malam ini menjadi wajib karena demi harga diri dan untuk menjawab sesumbar sang lawan yang terkesan memandang Persib sebelah mata. Betapa tidak, Manajer Madura United, Haruna Soemitro sempat melontarkan pernyataan bahwa laga menghadapi Persib hanya sebagai uji coba timnya untuk menghadapi Persebaya Surabaya.

Sang Pelatih, Roberts sangat optimis mampu membekuk Madura. Kemenangan atas Persipura Jayapura (23/9/2019), bisa menjadi bekal positif. Ia pun mengklaim, anak asuhnya dalam motivasi tinggi untuk melanjutkan tren kemenangan.

“Tim ini juga sedang berada dalam mood yang positif. Itu terlihat dalam setiap sesi latihan. Mereka tampak sangat termotivasi untuk mendapatkan tiga poin di laga besok,” kata Robert seperti dilansir dalam resmi Persib.

Waktu persiapan yang cukup panjang juga patut disyukuri Persib. Setidaknya, secara fisik dan taktik, Persib bisa lebih matang ketimbang tuan rumah. Belum lagi absennya sejumlah pemain Madura United yang bisa menjadi keuntungan buat Persib.

“Persiapan kami berjalan dengan sangat baik. Pemain juga sudah melakukan recovery dengan sempurna. Semua pemain siap, kecuali Ghozali yang masih cedera. Jadi, kami punya pilihan yang bagus karena juga ada kompetisi yang bagus pada setiap posisi di tim ini,” tutur pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Kendati demikian, Persib harus tetap waspada. Sebab Madura United mempunyai komposisi pemain yang memadai di setiap lini. Kehilangan sejumlah pemain kelihatannya tak akan menjadi masalah besar bagi tim asal Jawa Timur itu. Lagipula, ini akan menjadi kesempatan emas bagi para pemain pelapis untuk membuktikan diri.

“Di musim ini Madura punya kedalaman yang sangat bagus. Mereka diisi banyak pemain bagus. Walaupun beberapa pemain diakumulasi dan pergi untuk membela Timnas (Indonesia), kekuatan tim Madura akan tetap sama. Karena Madura juga adalah salah satu tim pesaing kuat untuk juara di musim ini,” paparnya.

Sementara itu, Pelatih Madura United, Rasiman juga tampak cukup percaya diri. Ia menyebutkan, sejumlah pemain pengganti sudah dipersiapkan. “Pertandingan besok pasti akan menarik. Kami sudah menyiapkan pemain pengganti yang absen karena ke Tim Nasional atau cedera,” katanya.

Tampil di rumah sendiri, Rasiman sangat mengharapkan totalitas seluruh anak asuhnya. Dikatakannya, Laskar Sape Kerrab harus berani bermain agresif sejak menit pertama.

“Saya yakin, di Bangkalan semua pemain akan tampil agresif sejak awal permainan. Karena kami sudah persiapan maksimal dan latihan untuk menghadapi kekuatan Persib. Kami pelajari kelebihan bahkan kekurangan Persib,” tegasnya.

Rasiman juga sudah memperhitungkan kehadiran trio asing baru Persib. Ia mengakui kedatangan ketiga pemain tersebut sangat mempengaruhi permainan Pangeran Biru sehingga belum terkalahkan di putaran kedua ini.

“Kita semua tahu Persib datang tiga pemain asing baru di putaran kedua ini dan memberikan warna berbeda dari sebelumnya,” tandasnya.(gie)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim:

Madura United: M Ridwan; Alfath Fathir, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Guntur Ariyadi, Marckho Sandy, Diego Assis, David Laly, Slamet Nurcahyono, Greg Nwokolo, Alberto ‘Beto’ Goncalves, Aleksandar Rakic.

Persib: I Made Wirawan; Ardi Idrus, Nick Kuipers, Ahmad Jufrianto, Supardi Natsir, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Kevin van Kippersluis, Ezechiel N’Douassel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Timeline