Sejumlah Daerah di Cianjur Mulai Kekurangan Air, Pemkab Cianjur Gelar Salat Istisqa

BERITACIANJUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar salat istisqa atau salat sunah memohon hujan kepada Allah Swt di Alun-alun Cianjur, Senin (21/8/2023).

Salat tersebut turut diikuti para ulama, para pimpinan dan pegawai OPD, serta warga Cianjur. Selain itu, salat istisqa juga dilaksanakan di semua kecamatan di seluruh Kabupaten Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, sejumlah daerah di Cianjur sudah mulai kekurangan air dan pertanian mengalami kekeringan.

Mulai dari wilayah Cianjur selatan, Kecamatan Cugenang dan Ciranjang. Sementara Mande memiliki irigasi teknis, sehingga kebutuhan air masih bisa terpenuhi.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Herman, Pemkab Cianjur menggelar salat istisqa sebagai bentuk ikhtiar dan doa kepada Allah Swt.

“Antusias masyarakat tadi luar biasa. Mudah-mudahan dengan kebersamaan melaksanakan salat istisqa ini dapat dikabulkan Allah Swt menurunkan hujan yang berkah dan bermanfaat untuk kita semua,” ujar Herman.

Apa Keutamaan Salat Istisqa?

Salat istisqa dilakukan untuk memperoleh kepastian terhadap turunnya hujan. Hal tersebut disebutkan dalam beberapa hadist.

Selain itu, keutamaan lain salat istisqa adalah menjadikan seorang muslim sebagai hamba Allah Swt yang melakukan pertaubatan. Keterangan tersebut sesuai firman Allah pada Surat Hud ayat 52.

Ayat tersebut menyebutkan bahwa doa memohon hujan dilakukan setelah pertaubatan dan permohonan ampunan kepada Allah Swt.

Selain itu, ayat tersebut juga menyebutkan manfaat dari permohonan tersebut yaitu bertambahnya kekuatan pada diri seseorang dan larangan untuk berbuat dosa.(gap)

Baca Juga  Terapkan PPKM Darurat, Polres Terjunkan 500 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *