Status Tanggap Darurat Bencana, Sekolah Libur hingga Minggu Pertama Desember

BERITACIANJUR.COM – MASIH diberlakukannya status tanggap darurat bencana (TDB), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur masih meliburkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Sambil menunggu persiapan pola pembelajaran secara daring dan tatap muka, Kepala Disdikpora Cianjur, Akib Ibrahim mengatakan, sekolah diliburkan hingga satu pekan ke depan atau minggu pertama Desember.

“Untuk satu pekan ini, masih diliburkan karena sebagian besar bangunan sekolah rusak dan banyak yang ambruk, sehingga pola pembelajaran akan dirapatkan bersama. Namun pilihan sementara di pekan kedua setelah bencana, kegiatan belajar secara daring dan tatap muka akan mulai diterapkan,” ujar Akib kepada beritacianjur.com, Rabu (30/11/2022).

Akibat gempa 5.6 magnitudo yang mengguncang Cianjur, pihaknya mencatat, menyebabkan 368 bangunan SD dan SMP yang tersebar di tiga kecamatan, Cianjur, Cugenang, dan Pacet rusak dengan berbagai kategori. Namun, sebagian besar tidak dapat digunakan untuk proses belajar mengajar tatap muka.

Ia mengatakan, bangunan sekolah yang ambruk telah direncanakan untuk menerapkan sistem belajar daring sampai dibangunnya kelas sementara dan bangunan yang rusak kembali diperbaiki atau dibangun ulang. Hal yang sama diberlakukan untuk bangunan yang rawan ambruk atau retak di bagian dindingnya.

“Kita tidak boleh larut karena kasihan anak didik yang baru masuk harus libur kembali karena bencana. Cianjur harus segera bangkit, termasuk pendidikan harus kembali berjalan maksimal,” tegasnya.

Terkait pembangunan kembali ruang kelas yang rusak dan sekolah yang ambruk, pihaknya menunggu rekomendasi dari Dinas PUPR Cianjur yang hingga kini masih melakukan pendataan.

“Kami berharap segera dibangun kembali agar proses belajar mengajar kembali normal,” pungkasnya.(wan/gap)

Baca Juga  Meriahnya Batik Cianjur Run 2023, Pesona Dinar-Kirey Candy hingga Peserta Asal Kenya Jadi Pelari Tercepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *