Tak Hanya Perokok Aktif, Ini Bahaya Rokok bagi Perokok Pasif

BERITACIANJUR.COM – Di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Bahayanya, tak hanya berdampak buruk bagi perokoknya saja, namun juga orang lain atau bahkan keluarga yang ada di sekitar perokok.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy. Menurutnya, bahaya rokok bagi perokok aktif maupun aktif bisa berdampak dalam waktu singkat maupun jangka panjang.

“Ya, bahayanya bukan bagi si perokoknya saja, tapi juga bagi perokok pasif. Selain bisa menyebabkan penyakit kanker, dampak buruk lainnya yang berpotensi terjadi kepada perokok adalah penyakit paru-paru kronis, merusak gigi, menyebabkan bau mulut, stroke serta serangan jantung,” ujarnya saat dihubungi beritacianjur.com, Kamis (19/10/2023).

Tak hanya itu, Irvan juga menyebutkan, rokok juga bisa menyebabkan tulang mudah patah, gangguan pada mata salah satunya seperti katarak, kanker leher rahim, keguguran pada wanita, kerontokan rambut serta penyakit lainnya.

“Pokoknya merokok itu merupakan kegiatan yang akan mengganggu kesehatan. Kita harus mulai membentuk kesadaran untuk menciptakan rumah bebas asap rokok dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar keluarga yang sehat dan bebas dari asap rokok dapat segera terwujud,” pungkasnya.(gie)

Baca Juga  Terpapar dari Pegawainya, Sekda Cianjur Terkonfirmasi Positif Covid 19,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *