Anak-anak Palestina hingga Pemimpin Dunia Ucapkan Duka Mendalam Atas Bencana Gempa Cianjur

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Duka yang dialami masyarakat Cianjur usai bencana gempa bumi yang terjadi pada Senin (21/11/2022) hingga merenggut ratusan korban jiwa, menyedot perhatian dunia.

Sejumlah ungkapan duka dan belasungkawa datang dari anak-anak Palestina hingga para pemimpin negara di dunia.

Anak-anak Palestina menyampaikan doa dan dukungan bagi korban gempa Cianjur melalui unggahan video milik akun @bangonimstory di Twitter.

Unggahan yang sudah disukai sebanyak 4.171 dan diretweet lebih dari 700 kali itu viral di berbagai media sosial.

ā€œAssalamualaikum, teman-teman Indonesia. Innalillahi wainna ilaihi rojiun, ini anak yatim dan keluarga dhuafa di Gaza Palestina hadir di sini dalam rangka memberikan solidaritas dan doa bagi para korban gempa di Cianjur,” ucap @Abdillahonim, dikutip Berita Cianjur, Rabu (23/11/2022).

Dalam video berdurasi 22 detik tersebut memperlihatkan anak-anak Palestina kompak berpakaian senada, yakni kombinasi warna biru dan hitam.

Mereka berkumpul sambil memegang sebuah papan tulisan ‘Pray for Cianjur, kami cinta Cianjur anak-anak Palestina’. Ada juga tulisan lainnya, ‘Moga dalam lindungan Allah, anak-anak Gaza’.

Hal tersebut kemudian mendapat respon positif dari warganet, menyusul kata kunci ‘Cianjur’ menjadi trending nomor satu di Indonesia.

“Saya sebagai warga Cianjur yang terkena musibah, merasa haru dan sangat berterima kasih atas doa saudaraku sukronšŸ™šŸ˜­,” ungkap akun Samara.

“Masya Allah, semoga doa-doa orang palestina untuk warga cianjur terkhususnya dikabulkan oleh ALLAH,” ucap akun Warga+62.

“ManusiaĀ² Palestine ini keren, masih sempat berempati disaat mereka kena agresi,” tulis akun YaEllah.

Ungkapan Duka dari Pemimpin Dunia

Tak hanya ucapan doa dari Gaza, ungkapan belasungkawa pun disampaikan Presiden Rusia, Vladimir Putin atas bencana yang menimpa Cianjur kepada Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga  Baru Dilaunching Sudah Disegel Lagi, Starbucks Terancam Ditutup Akibat Tak Miliki Izin

“Terimalah ucapan belasungkawa yang mendalam berkaitan dengan jatuhnya banyak korban jiwa dan kerusakan besar akibat gempa di provinsi Jawa Barat,” kata Putin dalam pernyataan yang dibagikan Kedutaan BesarĀ RusiaĀ di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

MelansirĀ AFP,Ā Presiden Prancis Emmanuel Macron, disebut sebagai pemimpin dunia pertama yang menyampaikan belasungkawa.

“Indonesia dihantam gempa yang merusak dan mematikan pagi ini. Turut berduka cita untuk semua korban,” ucap Macron.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau juga mengirimkan belasungkawa dan mengatakan, Ottawa “siap membantu dengan cara apa pun”.

Dari Australia, Perdana Menteri Anthony Albanese menyampaikan rasa dukanya melalui akun Twitter resminya. Ia menyampaikan Negeri Kanguru siap untuk memberikan bantuan pemulihan pasca bencana gempa bumi Cianjur.

“Hati saya bersama Indonesia hari ini setelah gempa dahsyat di Jawa Barat. Belasungkawa terdalam saya kepada semua keluarga dan komunitas yang terkena dampak,” ujarnya.

“Australia siap membantu teman dan tetangga kita saat mereka merespons dan pulih,” tambahnya.

Dari Amerika Serikat (AS), Menteri Luar Negeri (Menlu) Anthony Blinken mengutarakan keprihatinannya dan menegaskan AS akan tetap bersama rakyat Indonesia dalam keadaan yang sulit ini.

“Kami turut berduka cita atas bencana gempa bumi dahsyat di Cianjur Jawa Barat. Kami berdiri bersama rakyat Indonesia dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada masyarakat yang terkena dampak selama masa sulit ini,” tulisnya.

Gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 siang memiliki kekuatan magnitudo 5,6. Guncangan cukup terasa sampai Jakarta, sekitar 75 kilometer dari pusat gempa.

Melansir data terbaru BPBD Cianjur, sebanyak 268 orang meninggal dunia dan alam pencarian sebanyak 151 orang. Sementara untuk korban luka-luka ada 1.083 orang dan warga yang mengungsi sebanyak 58.362 orang.

Baca Juga  RM Dituntut 1,6 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Duga Plt Bupati Lakukan Intervensi

Selain itu, gempa Cianjur juga menyebabkan 22.198 rumah rusak yang meliputi; 6.570 rusak ringan, 2.071 fasilitas pendidikan rusak, dan 12.641 mengalami rusak berat yang tersebar di 12 kecamatan terdampak.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.