Disdik Jabar Libatkan Konsultan Kaji Kelaikan Bangunan Sekolah Pasca-gempa Cianjur

BERITACIANJUR.COM – Pasca-gempa 5,6 SR yang mengguncang Cianjur, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, langsung melakukan assesment dengan meninjau beberapa sekolah yang terdampak, Selasa (22/11/2022).

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan, pihaknya akan melibatkan tim konsultan untuk mengkaji kelaikan bangunan sekolah sebagai tempat belajar.

Namun sebagai langkah awal, dia meminta satuan pendidikan yang sekolahnya terkena dampak bencana gempa agar melakukan pembersihan lokasi. Setelah dibersihkan, untuk sekolah yang mengalami kerusakan di atas 50 %, pihaknya akan mencoba menyampaikan surat permintaan bantuan tenda untuk proses pembelajaran.

“Di samping itu sambil berjalan ada tim konsultan yang melihat, menilai kelayakan bangunan sekolah apakah bisa digunakan untuk proses belajar mengajar atau memang membahayakan,” katanya.

Selain itu, Dedi memastikan, Disdik Jabar akan membuat sejumlah langkah untuk memperbaiki bangunan sekolah yang terkena dampak gempa.

“Kita pun juga telah menyampaikan ke Kemendikbud, kita akan membuat langkah-langkah untuk perbaikan sarana baik itu yang bersumber dari DAK pusat, APBD, ataupun nanti CSR, atau anggaran belanja tidak terduga,” pungkasnya.(gie)

Baca Juga  Longsor dan Pergerakan Tanah, Cianjur Kembali Dilanda Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.