Dompet Dhuafa Jabar Gulirkan Bank Protein, Bangkitkan Ekonomi Korban Gempa

BERITACIANJUR.COM – Dompet Dhuafa Jawa Barat gencarkan program budidaya ikan di Kampung Pameungpeuk, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Selasa (03/01/2023).

Sebanyak 40 kilogram ikan nila segar dibudidayakan untuk membantu perekonomian korban pasca-bencana gempa bumi di Cianjur.

Adapun konsep program ini dengan membeli ikan-ikan dari kolam-kolam korban yang terdampak untuk juga membantu ketahanan pangan di pengungsian.

Melalui program ini, penerima manfaat dapat mengambil ikan-ikan di kolam untuk membantu ketahanan pangan di pos pengungsian.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pembangunan bank protein untuk membantu sektor perekonomian korban yang kemudian ikan-ikannya dibeli dari kolam mereka dan disediakan secara gratis untuk para korban. Harapannya semoga para pengungsi selalu sehat dengan asupan gizi dan protein yang bagus.

“Beberapa tujuan dari program ini adalah membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Cianjur dengan membeli bibit ikan dari masyarakat sekitar yang terdampak. Kedua, memberikan jaminan nutrisi yang baik bagi keluarga penyintas yang berada di posko pengungsian,” ungkap Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat, Andriansyah.

“Ketiga, dengan memelihara ikan diharapkan menjadi alternatif aktivitas positif yang mampu mengusir rasa jenuh bagi para penyintas yang saat ini sudah memasuki pekan keenam berada di pengungsian. Keempat, jika hasil pemeliharaan dan budidaya baik, hal ini bisa mengembalikam semangat berbagi antar sesama korban, selain itu ke depan program ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif peningkatan ekonomi bagi para korban,” lanjut Andriansyah.

Rian salah satu relawan Dompet Dhuafa Jawa Barat yang saat ini bertugas menjadi relawan DMC Dompet Dhuafa menuturkan bahwa bank protein ini sangat membantu warga dalam ketahanan pangan dan bisa jadi tempat hiburan anak-anak di pengungsian.

Baca Juga  Wow, Ini Dugaan Korupsi Ratusan Miliar di Pemkab Cianjur

“Tujuannya adalah untuk ketahanan pangan masyarakat pasca bencana dan selain itu dengan adanya bank protein, anak-anak di lokasi pengungsian jadi sangat senang karena ada tempat bermain walaupun sekedar melihat-lihat ikan di bank protein,” imbuh Rian.

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Selain rasa dagingnya yang enak dan kandungan gizinya yang cukup lengkap, ikan nila juga memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh.

Ikan nila kaya akan asam lemak omega-6 esensial juga kaya akan vitamin D, B12 dan B6. Ini sangat penting untuk kesehatan sistem dan fungsi syaraf. Memakan ikan nila bisa membantu mentabolisme tubuh semakin kebal terhadap berbagai tantangan penyakit.

“Alhamdulillah senang sekali, asupan protein dari ikan untuk warga di pengungsian bisa tercukupi berkat adanya bank protein ini,” jelas salah satu penerima manfaat.

Hingga kini Dompet Dhuafa melalui Dompet Dhuafa Jawa Barat, Disaster Management Center (DMC) dan berbagai unit serta organ lainnya terus memberikan layanan pemulihan pada wilayah terdampak gempa bumi Cianjur. Atas dasar itu Dompet Dhuafa melalui DMC Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk turut serta dalam penanggulangan bencana yang sedang dilakukan di wilayah Cianjur. Semoga Cianjur pulih kembali ke sediakala bahkan menjadi wilayah yang jauh lebih baik daripada sebelum bencana terjadi.(dompetdhuafa/rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *