Ini Rincian Manfaat DBHCHT di Bidang Kesejahteraan Masyarakat

BERITACIANJUR.COM – Sebanyak 50 persen dari alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat. Lalu apa saja rincian manfaatnya untuk masyarakat?

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Cianjur, Gagan Rusganda menjelaskan, manfaat DBHCHT di bidang kesejahteraan meliputi tiga hal.

Pertama, program peningkatan kualitas bahan baku, seperti pelatihan peningkatan kualitas tembakau, penanganan panen dan pasca panen, penerapan inovasi teknis, serta dukungan sarana dan prasarana usaha tani tembakau.

Kedua, program pembinaan industri, seperti pendataan dan pengawasan pada mesin pelinting rokok, pemeliharaan fasilitas pengujian bahan baku dan produk tembakau, sarana dan prasarana pengolahan limbah industri, serta pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia pada pada industri hasil tembakau kecil dan menengah.

“Poin ketiga adanya program pembinaan lingkungan sosial, seperti pemberian bantuan dan peningkatan keterampilan kerja bagi buruh tani tembakau dan atau pabrik rokok, buruh pabrik rokok yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta anggota masyarakat lain yang ditetapkan oleh pemerintah daerah,” jelasnya kepada beritacianjur.com, Senin (6/11/2023).

Selain 50% untuk bidang kesejahteraan, sambung Gagan, manfaat lainnya yakni bidang kesehatan sebanyak 40% dan 10% untuk bidang penegakan hukum.(gie)

Baca Juga  Alasan Tak Harmonis, Kepala OPD Desak Sekda Cianjur Mundur, Pj Gubernur Turun Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *