Isu Pembubaran KPK Makin Santer, Presiden Jokowi: Lembaganya Bagus, Tapi Mesti Ada yang Dievaluasi

BERITACIANJUR.COM – Isu Pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) makin santer menjadi bahasan di berbagai ruang publik.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi menilai bahwa selama ini sistem yang berjalan di KPK sudah baik dan KPK juga rutin melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

“Lembaganya kan bagus, sistemnya sudah bagus. Tiap bulan juga ada OTT,” ucap Jokowi dalam keterangan persnya, Jumat (25/8/2023).

Meski demikian, Jokowi menyampaikan bahwa evaluasi tetap perlu dilakukan di semua lembaga negara, termasuk KPK.

“Mesti ada yang perlu dievaluasi, perlu diperbaiki, saya kira semua lembaga pasti ada kurangnya. Itu yang harus diperbaiki, harus dievaluasi,” tutur Jokowi.

Sebelumnya ramai jadi perbincangan, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengaku pernah mengusulkan terkait pembubaran KPK.

Hal itu diungkapkan Megawati saat menyampaikan sambutannya dalam acara sosialisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Tribrata Dharmawangsa Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, ‘sudah deh bubarkan saja KPK itu Pak, menurut saya enggak efektif,” ujar Megawati.

Ia pun menjelaskan alasan mengungkapkan pembubaran KPK tersebut terkait persoalan penegakkan hukum di Indonesia dalam menangani kasus tindak pidana korupsi.

“Lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalo engga kelihatan. Persoalannya, mau engga penegak hukum di Indonesia menjalankan ini yang sudah susah payah saya buat, itu persoalannya,” tegasnya.(gap/bbs)

Baca Juga  Mengungkap Segudang Kejanggalan dalam Dugaan Korupsi APBD Cianjur, Fakta Mana Lagi yang Kau Dustakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *