oleh

JDIH KPU Cianjur Dinilai Buruk, Dugaan Penyimpangan Semakin Menguat?

BERITACIANJUR.COM – DUGAAN penyimpangan dan penilaian buruk terhadap kinerja KPU Cianjur terus bermunculan. Terbaru, sejumlah kalangan mempertanyakan buruknya pengelolaan portal resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU Cianjur. Kok bisa?

Ya, berbeda dengan portal JDIH KPU daerah lainnya yang sangat mudah mengakses semua informasi yang ada, portal JDIH KPU Cianjur terkesan tak dikelola dengan baik. Pasalnya, sejumlah kanal atau informasi salah satunya terkait surat KPU Cianjur, keputusan dan peraturannya tak bisa diakses.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik, Cianjur Riset Center (CRC), Anton Ramadhan mengatakan, kondisi tersebut secara tidak langsung menunjukkan betapa buruknya kinerja KPU Cianjur. Pasalnya, portasl JDIH seharusnya mudah diakses karena berkaitan dengan transparansi dan informasi penting.

“JDIH itu tentang keterbukaan dan pelayanan informasi publik, ada aturan dan standarnya, ini malah susah diakses oleh masyarakat. Ini buruk sekali, karena pelayanannya buruk, keterbukaannya juga buruk,” ujar kepada beritacianjur.com, Minggu (8/11/2020).

Anton menilai, kondisi tersebut semakin memperkuat dugaan sejumlah penyimpangan yang terjadi di KPU Cianjur. Pasalnya, informasi-informasi penting yang tertera di JDIH KPU Cianjur tak bisa diakses. “Logika saja, ini bukan pekerjaan sulit, tapi kok terkesan disengaja agar masyarakat sulit mengaksesnya. Ini dugaan yang harus segera diusut. Sudah terlalu banyak masalahnya,” katanya.

Senada dengan Anton, Ketua Cianjur People Movement (Cepot), Ahmad Anwar pun berharap agar semua permasalahan dan dugaan penyimpangan di KPU Cianjur segera diusut tuntas. “Bukan soal JDIH KPU Cianjur yang ada anggarannya tapi pengelolaannya buruk saja, tapi semua dugaan penyimpangannya harus segera diusut tuntas. Dengan adanya masalah JDIH Cianjur, dugaan penyimpangannya semakin menguat,” katanya.

Sementara itu, tentang tidak maksimalnya pengelolaan JDIH Cianjur diakui langsung oleh Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat KPU Cianjur, Rustiman. Meski pelaksanaan Pilkada Cianjur sudah mepet, namum Rustiman mengatakan, JDIH KPU Cianjur memang belum dikelola secara khusus dan masih proses penataan dan perbaikan. “Jadi memang, JDIH punya kita secara khusus belum jalan,” pungkasnya.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Timeline