Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Jalani Prosesi Siraman Sebelum Menikah, Ini Pesan Presiden Jokowi

BERITACIANJUR.COM – Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kini tengah menjalani prosesi siraman sebelum keduanya melangsungkan akad nikah yang akan digelar pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Sementara untuk resepsi pernikahan, keduanya akan menggelar acara di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12/2022).

Sebagai ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut mendoakan sang anak bungsu dan berharap pernikahannya dengan Erina Gudono bisa langgeng selamanya.

“Intinya sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah,” ujar Jokowi di kediamannya di Solo, Jumat (9/12/2022).

Jokowi mengatakan, prosesi siraman Kaesang berjalan dengan lancar. Bahkan, sang istri, Iriana Jokowi sempat menangis saat itu.

“Alhamdulillah prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar,” ucap Jokowi.

Presiden pun memohon doa pada seluruh masyarakat agar pernikahan Kaesang dan Erina berjalan lancar. Baik saat acara akad nikah maupun resepsi.

“Kami sekeluarga memohon memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya, baik midodareni kemudian besok ijab kabul dan dilanjutkan dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran semua bisa berjalan lancar,” ungkap Jokowi.

Terakhir, Jokowi menyampaikan permohonan maaf atas perhelatan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, jika menganggu masyarakat.

“Apabila ada yang terganggu kenyamanannya, kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya, utamanya kepada masyarakat Yogyakarta dan Solo,” tutur Jokowi.

Sejumlah Menteri Turut Hadir di Prosesi Siraman

Dalam prosesi siraman tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan turut mengguyurkan air kembang ke tubuh Kaesang.

Selanjutnya, Menlu Retno Marsudi yang didampingi sang suami. Tak ketinggalan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto beserta istri, dlan dilanjutkan oleh Idong Setyo Husodo dan istri.

Baca Juga  Kapal pencari Ikan Asal Sukabumi Hilang Kontak di Perairan Karang Potong Cianjur Selatan

Kemudian tiba giliran kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka yang didampingi sang istri, Selvi Ananda.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu pun mendapat giliran berikutnya untuk melakukan prosesi siraman. Terakhir, siraman dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi.

Siraman di Kediaman Erina Gudono

Di tempat terpisah, Erina Gudono juga melakukan prosesi siraman sebelum menikah dengan Kaesang Pangarep, di kediaman Erina di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Air yang digunakan untuk prosesi siraman Erina Gudono pun tak sembarangan. Karena diambil dari tujuh sumber, termasuk dari kediaman Presiden Jokowi di Solo dan kediaman Erina.

Air siraman juga diambil dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, air zamzam, Keraton Kilen, Pakualaman, dan Puro Mangkunegaran.

Erina dimandikan oleh satu per satu anggota keluarga, mulai dari ibunda hingga kakak-kakaknya. Iap kemudian dibopong oleh sang ibunda untuk dibawa ke kamar pengantin dan dirias untuk acara selanjutnya.

Pada malam hari, Erina akan melakukan acara midodareni sebelum esok Sabtu (10/12/2022) melakukan akad nikah dengan Kaesang Pangarep.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *