Konpers ‘Bantos Cianjur Pulih’, DMC Dompet Dhuafa Targetkan Bangun 100 Huntara dan Segudang Program Lainnya

BERITACIANJUR.COM – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menargetkan pembangunan 100 hunian sementara (huntara), serta sejumlah program pemulihan lainnya bagi warga korban gempa Cianjur. Hal tersebut disampaikan Chief Executive DMC Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit saat acara Konferensi Pers bertajuk ‘Bantos Cianjur Pulih: Merias Senyum, Hilangkan Pedih,’ di Sabore Kitchen, Cianjur, Kamis (9/2/2023).

Pada acara yang dihadiri Asisten Daerah (Asda) Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Cianjur, Budhi Rahayu Toyib serta perwakilan dari BMKG, Islamic Relief, BPBD serta penerima manfaat, Haryo menyebutkan, huntara yang diusung bernama Huntara Bunga atau yang disebut Bumi Endah Dompet Dhuafa dengan konsep recycle house, yakni membangun huntara dengan bahan sisa-sisa puing rumah, serta sekolah tahan gempa.

“Tentu juga ditambah dengan bahan material bangunan yang baru. Huntara Bunga sendiri terdiri dari dua ruang kamar tidur, satu ruang tamu dan teras rumah dengan luas 7 X 5 meter persegi. Rencananya, dibangun di dua lokasi di Kecamatan Cugenang, yakni Kampung Pangkalan Desa Benjot, dan Kampung Sarampad Desa Sarampad,” ujarnya.

Sebelum membangun huntara, sambung dia, DMC Dompet Dhuafa akan membentuk kelompok masyarakat yang terdiri dari 10 Kepala Keluarga. Seusai terbentuk, DMC Dompet Dhuafa akan berbagi seputar pembangunan huntara dengan konsep recycle, mulai dari ukuran, bahan, hingga arsitektur, dan penanaman semangat pemberdayaan. Ketika kelompok sudah terbentuk dan sudah menyosialisasikan recycle house, masyarakat akan bergotong-royong membangun huntara untuk masing-masing anggota kelompok.

Melalui unit respons darurat jejaring Dompet Dhuafa yang berada di bawah komando DMC seperti Respons Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), Dai Tanggap Darurat Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), dan Respons Darurat Pendidikan (RDP Lembaga Pengembangan Insani (LPI), mengajak untuk melakukan kolaborasi dalam kembali membangun Cianjur pulih dari keterpurukan gempa bumi.
Dalam fase Pemulihan Dini/ Recovery, lanjut Haryo, DMC Dompet Dhuafa telah membangun 11 sarana MCK, empat musala darurat, dan tiga musala semi-permanen. Dengan persebaran lokasi di wilayah Kecamatan Cugenang, Kecamatan Warungkondang, dan Kecamatan Pacet.

Baca Juga  Hari Ini, Cepot Duduki Dinas Pertanian Cianjur

“Selain itu ada juga program pembangunan rumah sementara kolaborasi bersama Islamic Relief. meliputi: 83 rumah sementara, 21 MCK, 23 sumur, 5600 Cash Voucher Assistance, dan 540 Cash for Work dengan rincian 500ribu/orang,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dompet Dhuafa juga tengah mempersiapkan program-program pemulihan sebagai berikut:
Sektor Hunian
Dompet Dhuafa menargetkan pembangunan 100 hunian sementara yang bernama Huntara Bunga (Hunian Sementara Bumi Endah Dompet Dhuafa) dengan konsep recycle house, dan sekolah tahan gempa. 100 Huntara Bunga akan di inisiasi di dua lokasi di Kecamatan Cugenang, yakni Kampung Pangkalan, Desa Benjot, dan Kampung Sarampad, Desa Sarampad. Saat ini telah berjalan proses pembentukan kelompok masyarakat untuk mengerjakan Huntara Bunga.

Sektor Pendidikan
Dompet Dhuafa akan melanjutkan pendampingan Program Sekolah CERIA (Cerdas Literasi, Riang, dan Aman) yang akan dipusatkan di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang. Diharapkan program ini menjadi model yang dapat diimbaskan ke sekolah-sekolah lain di luar Desa Cibulakan.

Sekolah sasaran yang akan dimodelkan yaitu :
– SDN Kawunggading
– SDN Giriharja
Yang ada di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang

Sektor Layanan Sosial
Dompet Dhuafa akan menjalankan
A. Program Bantuan Penyintas Yatim
Merupakan Program bantuan keluarga yatim yang memakai 2 pola bantuan yaitu bantuan biaya pendidikan bagi anak yatim penyintas gempa Cianjur yang mengalami kesulitan ekonomi, dan bantuan pangan bagi keluarga yatim yang kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dengan cara bermitra pada warung kelontong/ sembako lokal sebagai penyuplai bahan pangan.

Target Penerima manfaat program bantuan penyintas yatim 100 Penerima manfaat yang tersebar di wilayah berikut :
– Desa Talaga, Kecamatan Cugenang.
– Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang.
– Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang
– Kp. Manglad RT 02 RW 02 Desa Sukawangi Kec. Warungkondang

Baca Juga  Status Tanggap Darurat Bencana, Sekolah Libur hingga Minggu Pertama Desember

B. Program Bantuan Paket Nutrisi Keluarga Penyintas
Merupakan program bantuan nutrisi yang diberikan kepada keluarga penyintas yang memiliki lansia, Ibu hamil, Bayi, dan anak yang kurang gizi. Bantuan paket nutrisi berisi kebutuhan pokok dan suplemen kesehatan seperti vitamin.

Target Penerima manfaat program bantuan penyintas yatim 200 Penerima manfaat yang tersebar di wilayah sebagai berikut:
– Desa Talaga, Kecamatan Cugenang.
– Desa Mangunkerta, Kec. Cugenang.
– Desa Cibulakan, Kec. Cigeunang.
– Kp. Manglad RT 02 RW 02 Desa Sukawangi Kec. Warungkondang

Sektor Dakwah
Dompet Dhuafa akan menjalankan Program Layanan Dakwah
– Mengaktifkan 10 PBM Gembira Cordofa Cianjur
– Mengagendakan tabligh Akbar bersama dai nasional utk memberikan support spiritual kepada warga Cianjur
– Memberikan layanan konsultasi spiritual online kepada warga khususnya santri binaan PBM Gembira Cordofa

Sektor Kesehatan
Dompet Dhuafa akan menjalankan Program-program Layanan Kesehatan yang akan dilaksanakan di Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang, dengan durasi program selama 6 bulan (Februari – Juli2023) sebagai berikut :
1. Layanan Kesehatan
a. Aksi layanan Kesehatan
b. Skrining dan pemantauan PTM
2. Revitalisasi Posyandu
a. Pendampingan bumil resti
b. Senam sehat
c. Pendampingan balita
d. Support Perlengkapan posyandu
e. Pemberian Alat Kesehatan
f. Renovasi bangunan Posyandu
g. Resfresh training kader
h. Pemberian Makan Balita Anak (PMBA)
3. Promosi Kesehatan
a. Pembuatan media Edukasi
b. Penyuluhan
4. Lansia Tangguh
a. Skrining Pengkajian Paripurna Pasien Geriatri (P3G)
b. Pendampingan Lansia
5. Event Kesehatan
a. Lomba Balita Sehat
b. Khitanan Massal

Semua program infrastruktur telah mempertimbangkan kondisi geografis yang memunginkan aman dan nyaman untuk penyintas. Selain itu ratusan paket bantuan kitchen kit, ribuan paket sembako dan makanan siap santap, serta paket sekolah, hygiene dan baby Kit. Sudah didistribusikan oleh DMC Dompet Dhuafa, dengan berkolaborasi bersama para Donatur dan Kawan Baik.

Baca Juga  Siswa SMAN 1 Cilaku Tewas Kecelakaan di Pasir Hayam

Hingga kini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama jaringan lembaga penanggulangan bencana di Indonesia terus mengupayakan pemulihan yang terbaik bagi penyintas terdampak bencana di Cianjur.

Hingga kini (per 8 Februari 2023) DMC Dompet Dhuafa telah melakukan berbagai layanan. Mulai dari layanan SAR-Evakuasi, Layanan Kesehatan (Medis, Corner Gizi, Pemulasaran Barzah, Bersih itu Sehat, dan Terapi Pijat), Layanan Pengungsian (Dapur Keliling, Dapur Umum, dan Distribusi), Layanan Logistik (Distribusi Logistik Permakanan dan Non-Permakanan), Layanan Dukungan Psikososial (Psychological First Aid, Pusat Belajar Mengaji Gembira, dan Taman Ceria), dan Layanan Pemulihan Dini (MCK, Mushola, dan Huntara). Dengan total penerima manfaat mencapai 80.325 jiwa layanan.

Menanggapi hal tersebut, Asda II Setda Cianjur, Budhi Rahayu Toyib mengaku sangat menyambut baik program yang digencarkan Dompet Dhuafa. Pasalnya, sangat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam penanganan gempa Cianjur.

“Disaat relawan atau NGO lainnya sudah meninggalkan Cianjur, Dompet Dhuafa ini sangat luar biasa dalam penanganan gempa Cianjur. Hingga saat ini, Dompet Dhuafa masih terus berkontribusi banyak,” pungkasnya.(gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *