Ratusan ASN di Cianjur Ikuti Pelatihan GTA dan DTS demi Tingkatkan Kompetensi Digital

BERITACIANJUR.COM – RATUSAN aparatur sipil negara (ASN) di Cianjur mengikuti kegiatan pelatihan Government Transformation Academy (GTA) dan Digital Talent Scholarship (DTS), di Auditorium Yuyun Moeslim Taher, Universitas Putra Indonesia (Unpi) Cianjur.

Kegiatan yang dihelat atas kerja sama Kemenkominfo sebagai penyelenggara dengan Diskominfo Cianjur, BKPSDM dan Unpi Cianjur ini, berlangsung selama 5 hari, yakni dari Senin (10/10/2022) hingga Jumat (14/10/2022).

Tak hanya di Cianjur, pelatihan tersebut diselenggarakan di seluruh Indonesia secara bertahap, mulai dari Februari hingga Desember 2022. Program tersebut menjadi salah satu bentuk mendukung pencapaian visi misi Presiden Jokowi, guna mendorong adanya percepatan transformasi digital di tiga aspek kehidupan, yakni bisnis, masyarakat, dan pemerintahan.

Kasubag Tata Usaha dan Kepegawaian Diskominfo Cianjur, Faisal mengatakan, respon peserta pelatihan GTA dan DTS ini sangat baik, karena kegiatan pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan para ASN saat ini.

“Peserta kegiatan ini melibatkan seluruh dinas yang terdiri dari 130 orang. Dalam pelatihan ini ada lima materi yang diajarkan, yaitu data science fundamental, sosial media analis, cyber security essential, junior graphic design, dan digital public relation,” jelasnya.

Ia menilai, saat ini segala hal sudah dilakukan dengan berbasis digital, misalnya seperti pelatihan saat ini di mana pendaftaran pun sudah dilakukan secara digital. “Segala sesuatu sudah serba digital, termasuk dalam segi kelembagaan yang mulai menggunakan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih efektif dan efisien,” tuturnya.

Ia berharap pelatihan GTA dan GTS bisa mendorong peningkatan kompetensi ASN dalam penggunaan media digital, sehingga pelayanan pada masyarakat bisa dilakukan lebih optimal.

“Kami berharap bisa memenuhi minimal 20 Jam Pelajaran (JP) ASN. Selain itu, semoga para peserta bisa mengimplementasikan ilmu dari hasil pelatihan ini di lingkungan kerja masing-masing dengan sebaik mungkin,” tutupnya.(cr1)

Baca Juga  Dugaan Penyimpangannya Mencuat, KPU Mendadak Sulit Berikan Data kepada Wartawan, Ada Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *