Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Laksamana Yudo Margono

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Pelantikan Laksamana TNI Yudo Margono dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta, 19 Desember 2022.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Laksamana Yudo Margono saat mengucapkan penggalan sumpah jabatan.

Laksamana Yudo Margono berjanji akan menjalankan tugas serta menjunjung tinggi etika jabatan sebagai Panglima TNI.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Yudo.

Mengutip laman Instagram pribadinya, Presiden Jokowi memberikan arahan pada Laksamana Yudo Margono untuk menjaga kedaulatan NKRI serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain itu, saya menitip pesan pada Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI agar kepercayaan masyarakat terhadap TNI yang saat ini sudah tinggi agar dapat terus dipertahankan,” tulis Jokowi dikutip Selasa (20/12/2022).

Jokowi juga berpesan, terkait pemilihan umum dalam waktu dekat meminta TNI untuk menjaga netralitas, sehingga tidak terjerumus pada politik praktis.

“Sinergi TNI dan Polri juga harus ditingkatkan untuk menjaga situasi kondusif di dalam negeri. Stabilitas politik dan stabilitas keamanan itu penting untuk membangun negara kita,” papar Jokowi.

“Terkait konflik di Papua, saya menekankan pentingnya pendekatan humanis yang disertai ketegasan untuk menyelesaikan sejumlah masalah di Papua, utamanya yang berkaitan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Selamat bertugas Panglima TNI,” tambah Jokowi.

Baca Juga  50 Anggota Kelompok Ambon Diamankan Polres Cianjur Usai Bentrok di Pabrik Hebel Sukaluyu

Dalam pelantikan tersebut, turut mendampingi Presiden, Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sedangkan hadir sebagai saksi yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Sebelumnya, saat Rapat Paripurna pada Senin (13/12/2022), DPR telah menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), sebagai panglima TNI.

Laksamana TNI Yudo menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini sudah memasuki masa purnatugas.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *